Kamis, 22 November 2012

Apakah itu akuntansi?

Sumber : https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEielrAgg2NuvHJEYacu282XhZBLKgkMx1APZkFr0X6N-bWTlSGZwqQ5ztcJukLw-c8JRenNV_VFHbEz3ZrL27ZiV-SdDjUyO02dwu3euGFU-3cdyQfXKbBp_ViawJNTyukOXI9uffWna74/s1600/akuntansi++pertanggungjawaban.jpg


Mulai dari jenjang SMP. Kita sudah mendapatkan pelajaran ekonomi di sekolah. Pada jenjang SMA, mulai dari kelas XI dan XII IPS, kita akan belajar akuntansi, yang berkaitan erat dengan ekonomi.


Apakah itu akuntansi?

Menurut Wikipedia berbahasa Indonesia, 
“Akuntansi adalah pengukuran, penjabar4an, atau pemberian kepastian mengenai informasi yang akan membantu manajer, investor, otoritas pajak, dan pembuat keputusan lain untuk membuat alokasi sumber daya keputusan di dalam perusahaan, organisasi, dan lembaga pemerintah.”

Pada kelas XI IPS semester genap, kita akan belajar tentang akuntansi perusahaan jasa, sementara pada kelas XII IPS ganjil, kita akan belajar tentang akuntansi perusahaan dagang.

Mengapa kita perlu belajar akuntansi?

Menurut Wikipedia berbahasa Indonesia.
Akuntansi bertujuan untuk menyiapkan suatu laporan keuangan yang akurat agar dapat dimanfaatkan oleh para manajer, pengambil kebijakan, dan pihak berkepentingan lainnya, seperti pemegang saham, kreditur, atau pemilik.

Akuntansi sangat bermanfaat bagi kehidupan kita, terutama jika kita memiliki usaha. Dengan akuntansi, kita dapat memantau aktivitas keuangan kita. Baik pengeluaran maupun pendapatan. Dengan begitu, resiko kerugian yang dapat muncul menjadi lebih sedikit, karena kita mengetahui pasti bagaimana aktivitas keuangan pada usaha kita.

Selain itu, kita juga dapat merencanakan bagaimana usaha kita akan berjalan di kemudian hari. Akuntansi dapat membantu dalam membuat keputusan keuangan kita.

Jadi, jika kamu ingin masuk atau berada di jurusan IPS, akuntansi merupakan mata pelajaran yang sangat penting.

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Akuntansi

0 komentar:

Posting Komentar

 
Asus M530W - Cell Mobile Phone